300x250 AD TOP

Saturday, April 28, 2012

Tagged under: , , , , , ,

[Part 1] 15 Best Puzzling Plot Movies


Puzzling plot, atau bahasa kasarnya film mindf*** merupakan salah satu jenis film yang biasanya mempunyai alur film membingungkan dan sangat sulit untuk diikuti. Yah, bisa (bahkan sangat bisa) dikategorikan sebagai film berat lah. Biasanya, film-film ini termasuk ke dalam film-film surreal, meski tak menutup kemungkinan film ini merupakan film-film dengan plot non-linear ataupun film dengan plot yang memang memusingkan, namun belum sememusingkan film surreal (nah loh? belum apa-apa aja udah bingung duluan) yang biasanya bergenre sci-fi ataupun fantasi. Umumnya (atau mungkin seluruhnya), ide cerita film ini merupakan ide-ide cerita yang out of the box dan nonsense.

Sebelumnya, inilah random list dari beberapa film yang juga memiliki plot cukup memusingkan, namun sayangnya tak dapat masuk ke 15 film terbaik. So, here we go!
  • Inception (2010) Dir: Christopher Nolan 
  • The City of Lost Children (1995) Dir: Marc Caro & Jean-Pierre Jeunet
  • Open your Eyes/Abre los Ojos (1997) Dir: Alejandro Amenabar
  • Eternal Sunshine of the Spotless Mine (2004) Dir: Michel Gondry
  • Being John Malkovich (1999) Dir: Spike Jonze
  • Synecdoche, New York (2008) Dir: Charlie Kaufman
  • Magnolia (1999) Dir: Paul Thomas Anderson
  • The Matrix (1999) Dir: Andy & Lana Wachowski
  • Opera Jawa (2006) Dir: Garin Nugroho
  • Triangle (2009) Dir: Christopher Smith
Sekarang, mari kita beralih ke top 15, in no particular order too!


The Grandmother merupakan salah satu film pendek karya David Lynch. Ceritanya bisa dibilang benar-benar nyeleneh dan aneh. Bercerita tentang seorang anak yang menanam sebuah bibit aneh diatas kasurnya (ya, dia menanam tanaman di atas kasur, tanpa pot sama sekali). Perlahan, sesuatu yang sangat aneh pun muncul secara tiba-tiba. Absurd!



Dibintangi dua bintang besar Hollywood, Hugh Jackman dan Rachel Weisz serta disutradarai seorang Darren Aronofsky tentu saja menjadikan The Fountain ini begitu istimewa. Merupakan perpaduan absurd dari film drama, fantasi, dan sci-fi yang keren!



The Shining merupakan film horor yang disutradarai oleh Stanley Kubrick. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Stephen King. Film horor aneh ini bercerita tentang Jack Torrance (Jack Nicholson) yang baru saja mendapat pekerjaan baru sebagai penjaga hotel yang memaksanaya untuk pindah ke hotel tersebut bersama keluarganya selama 5 bulan. Entah dari mana datangnya, perlahan Jack mulai memperlihatkan perilaku yang aneh, bahkan hinggat terkesan psycho. Bukan hanya penyebab perilakunya tersebut yang membuat bingung, tapi endingnya pun sukses membuat otak saya ini benar-benar bekerja keras. Salah satu ending favorit saya!



Inland Empire merupakan film karya David Lynch yang dibintangi Laura Derm dan Justin Theroux. Ceritanya? Hm, sebenarnya saya bingung kalau mau menceritakan plot film ini dengan tulisan. Film ini mengambil sedikit adegan dari 'sitkom' yang juga karya David Lynch berjudul Rabbits. Jangan tertipu dengan kata 'sitkom', karena 'sitkom' yang satu ini bahkan tak akan pernah membuat anda tertawa, yang ada hanya membuat anda kebingungan. Inland Empire memang merupakan film yang sangat low-budget. Lihat saja sinematografi-nya yang terkesan amatiran. Terlepas dari itu, Inland Empire tetaplah salah satu karya terbaik David Lynch.



Davin Lynch rules! Belum apa-apa saja ia telah mengisi 3 tempat dalam list ini. Dan salah satunya adalah Lost Highway. Lost Highway yang dibintangi Bill Pullman dan Partricia Arquette ini terkesan plotnya agak mirip dengan salah satu film Indonesia (oke, saya gak sebut merk). Berawal dari sepasang suami istri Fred (Bill Pullman) dan Renee (Patricia Arquette) yang kerap mendapat kiriman tape yang berisi rekaman rumah mereka yang sedang diintai. Ya, tentu misterinya tak sampai disitu saja. David Lynch pastinya telah menyiapkan misteri dan kejutan yang lebih absurd dan make no sense pastinya!

1 comments: