300x250 AD TOP

Monday, August 27, 2012

Tagged under: , , , , , ,

[Review] Kahaani (2012)

"There's no difference. We do it for the law and he does it against the law. That's why we are right and he's wrong." ~ Mr. Khan 

Apakah anda termasuk salah satu dari orang-orang yang sudah bosan dengan film Bollywood yang kebanyakan merupakan drama musikal? Kahaani merupakan salah satu alternatifnya. Kahaani, yang berarti 'cerita' ini merupakan film thriller yang disutradarai oleh Sujoy Ghosh. Memang bukan film thriller pertama produksi Bollywood, tapi memang Kahaani menawarkan sesuatu yang sangat menarik dan mengejutkan.

Sebenarnya, film dengan konsep seperti Kahaani, yaitu mencari orang yang tak diketahui keberadaanya telah banyak. Bahkan, film Bollywood lain, 3 Idiots, juga menawarkan hal yang kurang lebih sama. Tapi, sepertinya hanya Kahaani yang menawarkan sesuatu yang agak berbeda dari film sejenis, yaitu orang yang mencari adalah seorang ibu hamil.


Vidya Bagchi (Vidya Balan) merupakan seorang insinyur perangkat lunak yang datang jauh-jauh dari London ke Kalkuta seorang diri dan dalam keadaan hamil. Ia datang ke Kalkuta, India hanya untuk mencari keberadaan suaminya yang hilang bagai ditelan bumi. Suaminya, Arnab Bagchi (Indraneil Sengupta) seharusnya telah pulang ke London setelah ditugaskan di National Data Center (NDC). Dua minggu pertama tugasnya, suaminya terus menghubungi Vidya setiap hari. Anehnya, setelah itu kontak mereka langsung terputus. Tak ada kabar, telepon, maupun SMS.

Dibantu oleh Inspektur Satyaki Sinha, atau yang lebih dikenal dengan Rana (Parambrata Chatterjee), Vidya terus menyelidiki keberadaan suaminya. Anehnya, dari semua orang yang mereka tanyakan, termasuk penginapan tempat Arnab tinggal, paman, hingga sekolahnya pun tak mengenal seorang Arnab. Tempat Arnab ditugaskan pun, National Data Center mengatakan bahwa mereka tak mempunyai karyawan bernama Arnab Bagchi. Anehnya, Agnes D'Mello (Colleen Blanche), selaku manager HRD di NDC menyatakan bahwa suaminya mirip dengan Milan Damji, mantan karyawan NDC 2 tahun lalu yang menghilang tiba-tiba. Lebih aneh lagi, karena 2 tahun yang lalu, suaminya berada di London.


Film ini menggabungkan sebuah misteri yang menyangkut konspirasi lalu dibalut dalam ketegangan ala thriller kemudian dengan dibumbui lagi oleh drama termasuk romansa (tak ada musikal kali ini, haha). Kahaani memang seperti film ala-ala detektif. Ghosh akan menyuguhi kita bagaimana Vidya bersama Rana mencari keberadaan Arnab, yang juga sedikit mengingatkan saya akan Extremely Loud & Incredibly Close, namun bedanya, di EL & IC tokoh utamanya mencari pemilik sebuah kunci tua. Satu lagi, Kahaani selevel lebih baik (atau mungkin dua level) dari film Hollywood tersebut. 

Tak hanya itu, Kahaani juga menawarkan sesuatu yang lebih dari sekedar pencarian. Dalam perjalanan mereka mencari petunjuk mengenai suami Vidya, juga diiringi dengan konflik ketegangan dari 'kejar-kejaran' antara Vidya dengan pihak yang entah mengapa merasa terancam dengan pencariannya. Unsur drama yang tampil dengan porsi pas pun ditambahkan dalam Kahaani.


Vidya Balan yang memerankan seorang ibu muda yang sedang hamil bernama Vidya pula berhasil memberi penampilan yang begitu memukau. Ia tampil begitu meyakinkan dari segala segi, termasuk dari sisi emosional dan kesan depresi yang ia alami setelah suaminya menghilang. Chemisty yang terlain antara Vidya dengan Rana (Parambrata Chatarjee) pun terjalin dengan erat. Tak ada karakter yang rasanya hanya dijadikan tempelan alias pemanis saja, layaknya Sandra Bullock di Extremely Loud & Incredibly Close (meski ia berakting dengan sangat baik).

Ada satu hal pula yang tak akan bisa dilupakan dari Kahaani. Selama dua jam kita mengikuti pencarian Vidya, kita akan disuguhi kenyataan yang sangat mengejutkan di akhirnya, yang saya sendiri tak pernah perkirakan. Padahal, sebelumnya pun kita telah disajikan kepingan-kepingan 'puzzle' yang sengaja ditebar, namun anehnya, saya sendiri tidak pernah menyadarinya sampai Sujoy Ghosh menyampaikannya dengan begitu meyakinkan.


Kahaani tampil dengan sinematografi yang cukup apik. Saya suka bagaimana Kahaani menampilkan kekayaan kultur negaranya serta kehidupan masyarakat Kalkuta dalam frame-framenya yang cantik itu. Bukan hanya itu, Kahaani juga menyajikan potret kemiskinan India dalam sinematografinya, yang terasa malah seperti sebuah ironi bagi saya, dimana potret kemiskinan yang disajikan dengan begitu indahnya, namun dengan tetap meninggalkan sedikit kepedihan. Hal itu juga terasa dalam momen-momen kegelisahan dan ketakutan karakter Vidya Bagchi yang juga tak terlepas dari akting meyakinkan Vidya Balan.

Kahaani memang merupakan salah satu contoh dari thriller cerdas produksi Bollywood. Naskah Kahaani memang belum dapat dikatakan sempurna namun tak dapat disangkal bahwa naskahnya memang cerdas. Kahaani juga memiliki porsi thriller yang mendebarkan dan seru, serta departemen akting yang solid. Sujoy Ghosh pun masih menyiapkan satu hal yang lebih menarik lagi, ia memilih menutup 'cerita'-nya dengan misteri yang terpecahkan dengan begitu mengejutkan. Jelaslah sudah Kahaani merupakan salah satu dari kandidat film terbaik tahun ini.

8.0/10

1 comments:

  1. Wah saya jadi pingin nonton, dapat dari lk21 kok rating imdb tinggi, jadi cari reviewnya.

    ReplyDelete