300x250 AD TOP

Sunday, March 18, 2012

Tagged under: , , , ,

[Review] Million Dollar Baby (2004)

"Boxing is an unnatural act. Cause everything in it is backwards. You wanna move to the left, you don't step left, you push on the right toe. To move right, you use your left toe. Instead of running from the pain - like a sane person would do, you step into it." ~ Eddie

Million Dollar Baby bukanlah film tentang seorang pemuda India yang memenangkan sebuah kuis televisi dengan tumpukan uang yang siap jatuh ke tangan anda, layaknya Slumdog Millionaire. Bagi saya, Million Dollar Baby menawarkan cerita yang lebih simpel daripada itu, namun hasil akhirnya tidaklah sesimpel itu, Million Dollar Baby malah makin bersinar karena ceritanya itu. Sebuah film drama yang menceritakan tentang sebuah perjuangan untuk meraih sebuah kemenangan dan kehormatan, perjuangan yang juga kerap melibatkan perasaan terdalam manusia. Ya, film yang memenangkan Oscar 2005 untuk Best Picture ini memang bercerita tentang tinju, tapi film ini lebih dari sekedar film tinju biasa yang hanya mengandalkan upper cut, hook, muka memar, hidung patah, bibir sobek, dan segala bentuk yang berhubungan dengan tinju. 


Film ini dibuka dengan narasi yang pastinya sudah tak asing lagi suaranya, Morgan Freeman. Bercerita tentang perjuangan seorang petinju wanita sekaligus pelayan restoran, Maggie Fitzerald (Hillary Swank) yang bercita-cita untuk meraih gelar tinju. Dari awal, kita sudah ditunjukkan wataknya, yaitu keras kepala, berkemauan keras, serta pantang menyerah. Lihat saja bagaimana ia terus meminta Frankie Dunn (Clint Eastwood) agar ingin menjadi pelatihnya, meskipun Frankie telah menjelaskan bahwa ia tidak akan pernah melatih seorang wanita, apalagi yang sudah menginjak kepala tiga. Namun, tampaknya mantra Maggie berhasil, Frankie pun akhirnya menerima Maggie sebagai 'muridnya', meskipun dengan terpaksa. 


Frankie Dunn sendiri adalah seorang pelatih tinju yang hidup sendirian, meski sebenarnya ia mempunyai anak perempuan yang hampir setiap hari namun sampai sekarang tak jelas kabarnya. Bersama dengan Eddie Scrap-Iron Dupris (Morgan Freeman), mantan 'anak asuhnya' ia mendirikan sebuah pusat kebugaran atau gym. Frankie dikenal sebagai pelatih yang overprotective, karena sebuah insiden yang pernah menimpa Eddie Scrap yang menyebabkan satu matanya mengalami kebutaan

Bertahun-tahun kemudian, berkat ajaran Frankie, Maggie menjadi salah satu petinju paling ditakuti. Ia menjadi seorang petinju wanita tangguh dan tak terkalahkan. Tentunya, kesempatan untuk meraih gelar pun semakin lebar terbuka bagi Maggie. Tapi, apakah sepanjang hidupnya Maggie akan terus berjaya dan tak pernah terkalahkan?


Million Dollar Baby memang berbeda. Film ini menginterpretasikan rasa kasih sayang, perasaan terdalam dalam setiap hati manusia dengan cara yang tak biasa, yaitu lewat olahraga tinju. Yup, seperti yang orang-orang pikir, olahraga ini terkesan 'tak punya hati', tak ada rasa kasih sayang di dalamnya, dan olahraga yang mengandalakan kekerasan. "Orang yang terkuatlah yang akhirnya menang", pastilah merupakan kata-kata yang pas digambarkan dalam olahraga tinju ini. Namun, tinju dalam Million Dollar Baby ini beda. Clint Eastwood, selaku sutradara film ini malah memanfaatkan olahraga yang kerap sering dianggap berkonotasi negatif ini sebagi media untuk menginterpetasikan rasa kasih sayang itu.

Soal akting, tak usah diragukan lagi, 3 nominasi Oscar untuk Best Actor (Clint Eastwood), Actress (Hillary Swank), dan Supporting Actor (Morgan Freeman) sudah cukup membuktikan kualitas para jajaran pemainnya, bahkan 2 diantaranya, yaitu Best Actress dan Supporting Actress mampu disabet film ini. Tak usah pula ragukan chemistry yang terbentuk dari Hillary Swank dengan Clint Eastwood. Mereka dapat 'menyatu' dalam film dengan dengan begitu baik, sangat baik malah.


Sekali lagi, Million Dollar Baby merupakan salah satu karya terbaik Clint Eastwood. Million Dollar Baby diawali dengan narasi khas ala Freeman dan ditutup dengan ending mengharukan tanpa tangisan bergalon-galon. Film ini menawarkan sebuah pelajaran yang begitu berharga tentang perasan terdalam manusia dan perjuangan manusia mewujudk. Dengan cerita yang bisa dibilang cukup simpel dan jajaran cast-nya yang maksimal, film ini berhasil memukau saya. Justru karena kesederhanaannya tadi, Million Dollar Baby mampu menjadi drama yang dalam dan menyentuh. Sekali lagi, Million Dollar Baby merupakan salah satu karya terbaik Clint Eastwood.

8.5/10

2 comments:

  1. Saya juga suka film ini, kebetulan saya ada koleksinya, silahkan kunjungi blog saya :D
    Million Dollar Baby [ 2004 USA BrRip 1080p anoXmous 2290 MB ]

    http://bioskop21free.blogspot.com/2014/09/million-dollar-baby-2004-usa-brrip.html

    Koleksi juga: 500 Film Terbaik Sepanjang Masa

    ReplyDelete
  2. baru akan nonton ini, nyari2 sinopsis akhirnya mampir disini, salam kenal buat semuanya

    ReplyDelete