300x250 AD TOP

Friday, February 3, 2012

Tagged under: , , ,

[Review] Moon (2009)

"I hope life on Earth is everything you remember it to be." ~ GERTY

Duncan Jones memang bukanlah sutradara yang produktif dalam menelurkan film. Memulai debutnya dari tahun 2002 lewat sebuah film sci-fi pendek, Whistle. Kemudian pada tahun 2009, ia membuat sebuah film berdurasi panjang, Moon, yang juga bergenre sci-fi. Tahun 2011, ia kembali lagi lewat Source Code, yang dibintangi Jake Gyllenhaal. Lagi-lagi sci-fi. Hebatnya, hanya lewat 3 film (khususnya Moon dan Source Code) ternyata sudah dapat menempatkan nama Duncan Jones sebagai salah satu sutradara terbaik saat ini.


Jauh dari keluarga karena tuntutan pekerjaan mungkin terdengar biasa bagi beberapa orang. Namun, apa jadinya jika ternyata pekerjaan itu mengharuskannya untuk berada 250.000 mil dari planet bumi? Apakah masih terdengar biasa? Tentu saja tidak. Ya, kalau ini bukan saja jauh dari keluarga, tapi jauh dari segalanya. Itulah yang dialami Sam Jones (Sam Rockwell).


Pekerjaan ini tentulah bukan pekerjaan biasa dan tidaklah ringan. Sam Jones merupakan seorang operator yang dikontrak selama 3 tahun oleh perusahaan asal Korea, Lunar Industries dan ditempatkan di stasiun "Sarang" (merupakan bahasa Korea yang berarti "love" dalam bahasa Inggris). Tugasnya adalah mengawasi proses pengambilan Helium 3 yang konon banyak terdapat di bulan dan sangat langka untuk ditemukan di planet bumi itu. Diceritakan, Helium 3 merupakan sebuah sumber energi alternatif di masa depan bumi. Dengan GERTY (suara oleh Kevin Spacey), sebuah robot yang bertugas untuk menemaninya semasa di bulan, ia menghabiskan waktunya yang tersisa untuk pulang ke bumi.

Impian itu memang telah hampir di depan mata. Namun, suatu hari, mengalami sebuah kecelakaan akibat halusinasi yang ia alami akhir-akhir ini dan mengakibatkan Sam pingsan untuk beberapa saat. Sam bangun, tapi ia merasa ada yang aneh. Memang, ada yang janggal saat itu. Ternyata, terdapat sebuah rahasia besar super gila di balik ini semua, yang bahkan Sam sendiri tidak pernah tahu hal itu sampai saat ia terbangun.



Film ini bukanlah tipe film sci-fi yang mengandalkan CGI super realistis (dan super mahal) yang memanjakan mata atau pun hal-hal aneh lain tentang makhluk luar angkasa sebagai daya tariknya. Anda tak akan menemukannya dalam film ini. Moon lebih mengedepankan film ini dari segi cerita. Moon berjalan dengan tenang, setenang suasana bulan tandus yang digambarkan Jones, namun bersamaan dengan itu, Moon juga menghadirkan cerita yang begitu kuat. Ya, tentu saja, Duncan Jones tentu tidak mau menyia-nyiakan premis film yang dari awal memang begitu meyakinkan ini. 

Ada lagi yang istimewa, apalagi kalau bukan akting Sam Rockwell. Sam benar-benar menampilkan performa yang maksimal. Jangan lupakan juga kalau ada si aktor kawakan Kevin Spacey yang mengisi suara karakter tak bernyawa, si robot cerdas GERTY. Bagi beberapa orang, mungkin akan terdengar agak aneh (bahkan agak lucu) kalau mendengar suara Kevin Spacey keluar dari sebuah benda tak bernyawa yang berfisik sebagai robot, termasuk bagi saya, meskipun sama sekali tak mempengaruhi level ke-enjoy-an saya untuk menonton film ini.


Moon memang tidak memakai CGI yang canggih layaknya film Transformers. Maklum, film ini memang termasuk film dengan budget kecil jika dibandingkan dengan film sci-fi lainnya. Tapi, tentu saja itu bukan sesuatu yang buruk. Moon tetap tampil menawan dengan visualnya, meski harus dengan biaya yang minim.

Duncan Jones memang benar-benar hebat, berangkat dari premis yang menjanjikan, ia berhasil mengembangkan premis tersebut menjadi sesuatu yang lebih, lengkap dengan twist yang mengiringi. Sebuah perpaduan film sci-fi, misteri, dan psychological thriller yang apik dan luar biasa. Dengan adanya Moon, masih adakah yang beranggapan bahwa film sci-fi berkualitas jaman sekarang harus diiringi dengan budget besar plus visualisasi realistis? Kalau ada, silahkan tonton film ini, dan buktikan sendiri.

8.5/10 

1 comments:

  1. The last place you'd ever expect to find yourself ..
    250,000 miles from home, the hardest thing to face.
    https://www.youtube.com/watch?v=6kDuVLVxo4A

    ReplyDelete