300x250 AD TOP

Thursday, January 26, 2012

Tagged under: , , , ,

[Review] Dreamgirls (2006)

"You stopped me once, but you'll never stop me again." ~ Effie White

Dreamgirls, merupakan film yang rilis sekitar tahun 2006 yang bersetting sekitar tahun 60an. Film yang berbugdet $ 70 juta ini ini diadaptasi dari sebuah teater musikal yang berjudul sama. Disutradari oleh Bill Condon, yang juga memegang peran sebagai penulis, Dreamgirls menjadi sebuah film yang memukau, meskipun memang masih memiliki berbagai kekurangan.


The Dreamettes, merupakan sebuah grup vokal wanita yang terdiri dari dari Effie White (Jennifer Hudson), sebagai lead-singer, serta Deena Jones (Beyonce Knowles) dan Lorrel Robinson (Anika Noni Rose) sebagai backup-singer. Awalnya, mereka mencoba peruntungan di sebuah kontes menyanyi. Tetapi, ternyata dewi fortuna belum berpihak kepada mereka. Namun, nasib berkata lain. Mereka bertemu dengan Curtis (Jamie Foxx), seorang produser yang menawarkan mereka untuk menyanyi bersama James Early (Eddie Murphy) sebagai backing vocal. Perlahan, mimipi mereka untuk menjadi bintang mulai menjadi kenyataan. Meskipun, memang perjalanan untuk mewujudkan mimpi mereka tidaklah mudah. Sampai akhirnya, Curtis memutuskan untuk mengganti Effie dengan Deena sebagai lead-singer, karena dianggap lebih cantik dan komersial. Di sinilah semuanya bermula.


Departemen akting dari Dreamgirls benar-benar memukau, terutama Jennifer Hudson. Yes, Jennifer Hudson stole the show! Meskipun baru pertama kali bermain dalam sebuah film, sang jebolan American Idol ini berhasil membuktikan bahwa ia memang benar-benar bisa berakting. Tak salah memang,  berkat berakting di Dreamgirls, Jennifer berhasil memenangkan Oscar pertamanya untuk Best Supporting Actress. Penampilan apik juga disajikan Beyonce dan Jamie Foxx. Tentu saja saya tak lupa untuk menyebutkan Eddie Murphy yang juga telah menampilkan performa apiknya.


Dari segi cerita, sebenarnya biasa aja. Tak ada yang benar-benar baru. Ya, tapi tak bisa dipungkiri film ini memang merupakan film yang bagus, 2 penghargaan Oscar pun jatuh ke tangan Dreamgirls. Apalagi, masih ada para pemainnya yang berakting dengan memukau. Bagi beberapa orang, mungkin film ini akan membuat anda sedikit bosan dengan durasinya yang sangat lama untuk ukuran film musikal. Tapi, bagi anda yang memang menyukai film-film musikal seperti, dijamin anda akan terhibur.


Dreamgirls, memang bukan film musikal terbaik yang saya pernah tonton. Tapi, saya jamin anda akan tersihir dengan lagu-lagu dan suara magis para pemainnya. Ya, Dreamgirls juga seakan menjadi ajang unjuk vokal para pemainnya. Jennifer Hudson dengan suaranya yang powerful dan menggelegar. Beyonce dengan melisma-melisma yang menjadi ciri khasnya. Serta Anika Noni Rose, Eddie Murphy, Jamie Foxx, dan Keith Robinson yang juga tak kalah menakjubkan. 

7.0/10

2 comments: