300x250 AD TOP

Saturday, January 28, 2012

Tagged under: , , ,

[Review] The Descendants (2011)

"Paradise? Paradise can go **** itself." ~ Matt King

Setelah baru-baru ini 'muncul' di film Ideas of March di Oktober 2011, kini George Clooney kembali lagi pada Desember 2011 lewat film The Descendants. Tapi bukan lagi merangkak sebagai sutradara dan penulis sekaligus aktor, melainkan hanya sebagai aktor saja. Sebagai sutradara dan penulis, ada Alexander Payne yang dulu pernah menelurkan film-film seperti Sideways (2004), About Schmidt (2002), dan Election (1999). Pertanyaannya, apakah kali ini mereka berdua berhasil menghasilkan kolaborasi yang apik? I'm sure about it!


The Descendants merupakan sebuah film drama komedi keluarga yang diadaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Kaui Hart Hemmings. Kali ini, George Clooney berperan sebagai Matt King, seorang pengacara sukses dan sangat sibuk, sekaligus seorang suami dan ayah. Karena ia terlalu sibuk dengan pekerjaannya, ia akhirnya melupakan keluarganya. Alhasil, anak-anak perempuannya, Scottie (Amara Miller) dan Alex (Shailene Woodley), yang masing-masing berusia 10 dan 17 tahun menjadi anak yang bisa dibilang cukup bermasalah. Di lain sisi, ternyata istrinya, Elizabeth King (Patricia Hastie) harus mengalami koma akibat  kecelakaan saat menaiki perahu motor. Terpaksa, Matt akhirnya harus mengurus kedua anaknya yang bermasalah ini. Beberapa lama sebelum semua kejadian itu terjadi, Elizabeth sempat bercekcok dengan Alex selama natal. Apa yang mereka pertengkarkan? Yang pasti, itu merupakan sebuah rahasia yang Matt tidak ketahui sama sekali, apa itu?


Selama 115 menit, The Descendants menyajikan porsi drama yang pas tanpa perlu tangisan berlebih-lebihan di tengah latar belakang panorama indah Hawaii yang bagaikan menjadi 'penenang' diantara konflik-konflik drama yang terjadi. Namun perlu diingat, film ini juga merupakan film komedi yang tak akan melupakan porsi komedi sebagai pemanis diantara porsi drama yang menyentuh. 


Jangan lupakan pula George Clooney yang berakting prima sebagai ayah dan suami yang gagal. Juga ada si cantik Shailene Woodley sebagai Alex dan si kecil Amara Miller sebagai Scottie sebagai dua kakak-beradik bermasalah. Alexandra atau Alex merupakan seorang alkoholik, sedangkan Scottie merupakan gadis kecil yang kerap tak bisa menjaga omongannya. Lalu, ada lagi karakter Sid yang diperankan Nick Krause, sebagai teman Alex (atau pacar?) yang gak tahu kenapa tiba-tiba nimbrung aja di keluarga King. Sudahlah, lupakan saja tentang itu. Yang jelas, yang harus tidak kita lupakan adalah semua pemain dapat memerankan perannya dengan prima dan natural. 


Tapi, kesuksesan film ini dalam menghibur penontonnya juga tak terlepas dari penyutradaraan Alexander Payne. Tak salah jika Oscar dan Golden Globe meliriknya sebagai salah satu sutradara terbaik di tahun ini. Dilihat dari segala unsur yang memukau, pastinya The Descendants menjadi sebuah drama komedi keluarga yang epik! Salah satu yang terbaik di tahun 2011!

8.0/10

0 comments:

Post a Comment